Jumat, 13 Juli 2007

Tips PenulisanTeras Artikel

Teras sering pula disebut "lead", atau alinea pembuka. Teras dipandang penting karena dia yang paling menentukan apakah pembaca akan terus membaca atau berhenti di situ, yang artinya penulis gagal memikat pembaca.
Fungsi Teras :
- Menimbulkan efek dramatis
- Menimbulkan efek menggoda
- Meringkaskan keingintahuan pembaca
Teras harus cukup ringkas, tangkas. (Tidak lebih dari dua alinea). Selain itu tidak terlalu banyak angka, nama dan istilah sulit.
Jenis Teras :
- Narasi
- Ringkasan
- Kutipan
- Bertanya
Contoh Teras :
Narasi :
- Ada beribu-ribu orang Indonesia yang berdebar-debar mengikuti malam
terakhir sidang MPR. Sampai lewat tengah malam, Majelis berembug
perlukah kategori `pribumi' dicantumkan dalam salah satu perumusan.
- Malam itu saya tidur pukul 11.30 WIB. Besok paginya saya baru tahu,
bahwa kategori rasial itu diputuskan untuk dibuang. Di sebuah tempat
olahraga bersama, seorang kenalan, seorang keturunan Cina, berkata
pelan, `Hari ini saya tambah bangga jadi orang Indonesia'.
Ringkasan :
- Pemerintah Filipina mengusulkan sesuatu yang jika Indonesia memenuhinya bisa menimbulkan dampak hukum internasional yang serius di masa mendatang.
- Usulan Filipina itu berkaitan dengan Kasus Agus Dwikarna, warga
Indonesia yang telah divonis pengadilan Manila. Seperti kita baca dalam berita media, seorang pejabat Filipina mengusulkan kemungkinan Agus ditukar dengan narapidana Filipina yang dikurung dalam penjara Indonesia.
Kutipan :
"Dua awak perahu kami hilang tersesat di pulau tanpa tuan," tulis Alfred Russel Wallace (1823–1913). "Perahu kami sepuluh kali membentur karang; kehilangan empat jangkar; dan tikus-tikus menggerogoti tiang layarnya. Perjalanan yang harusnya memakan waktu 12 hari molor tiga kali lebih lama."
Bertanya :Di manakah foto-foto Bung Hatta tersimpan? Bagaimanakah kondisinya sekarang? Begitulah sederet pertanyaan yang terlintas di benak Jaap Erkelens ketika pertama kali menyatakan bersedia ikut terlibat dalam buku 100 tahun Mengenang Bung Hatta. Buku ini, selain berisi sekilas tentang sejarah salah satu proklamator Indonesia itu, juga akan dihiasi oleh foto-foto Hatta.

Tidak ada komentar: