Jumat, 17 Oktober 2008

Komunitas Penulis Jakarta

SIAPA KAMI?
Kami adalah sekumpulan anak muda yang memiliki perhatian khusus terhadap dunia baca dan tulis, serta pengembangan apresiasi terhadap sastra bagi kalangan generasi muda di Indonesia.
Kami melihat betapa rendahnya minat baca dan tulis, serta apresiasi terhadap sastra di kalangan generasi muda. Atas dasar itulah kami sepakat membentuk Komunitas Penulis Jakarta sebagai wadah pengembangan minat baca dan tulis, serta pengembangan apresiasi terhadap sastra bagi generasi muda.
Komunitas Penulis Jakarta didirikan di Jakarta pada tanggal 6 April 2007 dan dikhususkan bagi generasi muda yang ingin mengembangkan minat dan bakatnya di bidang penulisan dan sastra. Semoga Komunitas Penulis Jakarta dapat memberikan kontribusi besar bagi bangsa Indonesia.
Komunitas Penulis Jakarta dirintis oleh 4 orang anak muda sebagai wujud dedikasi mereka terhadap dunia baca dan tulis, serta pengembangan apresiasi terhadap sastra di kalangan generasi muda. Mereka adalah :
1. Rachmat Nugraha, novelis, mahasiswa.
2. Ressa Novita, cerpenis, mahasiswa.
3. Agustina Sriyani, guru, mahasiswa, penggiat sastra.
4. Taupic Hidayat, fotografer lepas, mahasiswa, penggiat sastra

APA YANG KAMI KERJAKAN?
Komunitas Penulis Jakarta melakukan berbagai kegiatan di bidang penulisan dan pengembangan sastra :
1.Penerbitan
Komunitas Penulis Jakarta membuat buletin sastra bernama Jendela yang menampilkan informasi dan tips berkaitan dengan penulisan dan sastra, serta karya-karya sastra berupa cerpen, cerbung, dan puisi.
Selain itu, Komunitas Penulis Jakarta juga menerbitkan buku karya sastra seperti novel, kumpulan cerpen, dan karya lainnya melalui divisi penerbitan yang bernama KPJ Publishing bekerja sama dengan pihak terkait.
Adapun buku-buku yang sudah diterbitkan oleh KPJ Publishing adalah sebagai berikut :
-Novel I’m Sorry!, karya Rachmat Nugraha, diterbitkan bekerjasama dengan Universitas Satya Negara Indonesia, bulan November 2007.
-Kumpulan Cerpen The Mucus, karya Ressa Novita, diterbitkan bekerjasama dengan Universitas Satya Negara Indonesia, bulan November 2007.

2.Diskusi
Komunitas Penulis Jakarta secara rutin mengadakan diskusi yang berkaitan dengan dunia penulisan dan sastra.

3.Workshop/Pelatihan/Lomba
Komunitas Penulis Jakarta secara rutin mengadakan workshop/pelatihan/lomba berkaitan dengan penulisan dan sastra.
Adapun workshop/pelatihan yang telah dijalankan oleh Komunitas Penulis Jakarta adalah sebagai berikut :
-Pelatihan Menulis Kreatif untuk pelajar SMA/sederajat se-Jakarta pada tanggal 8 September 2007, bekerjasama dengan Universitas Satya Negara Indonesia.
-Lomba Baca Puisi dan Musikalisasi Puisi tingkat pelajar SMA/sederajat pada tanggal 3 November 3007, bekerjasama dengan Universitas Satya Negara Indonesia.
-Improve Reading Quality (Roadshow, teater, bakti sosial) pada tanggal 25 Februari sampai dengan 17 Maret 2008, bekerjasama dengan Paguyuban Anak Jakarta Membaca (PAJM).
-Improve Writing Quality (Seminar Penulisan, Pelatihan Menulis Fiksi, Bedah Buku) pada tanggal 3,18,25 Juni 2008 bekerjasama dengan Senat Mahasiswa FISIP USNI.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

bang...
minta info nya kalo ada yang punya tulisan apapun yang mau diterbitkan menjadi buku (format ebook).
kami sedang mengumpulkan para penulis
kami akan membuka toko buku elektronik di indonesia..
proposalnya akan kami kirim
silahkan hubungi kami di kotak_edukati@yahoo.co.id

Anonim mengatakan...

Saya berencana ke Jakarta dari Semarang, kalo mampir alamatnya dimana yaa.....